Latihan Dunia

Kemarin, tepatnya 22 Juni 2008 adalah peringatan hari lahir Pak Subuh. Seluruh anggota Subud bersepakat untuk melakukan Latihan Kejiwaan secara serentak pada pkl.05.00 WIB. Sayang sekali saya tidak bisa ikut hadir di tempat-tempat Latihan. Saya melakukannya di sebuah Musholla kecil didekat rumah saya di Serpong setelah menunaikan shalat Subuh. Suasana bertambah khidmat,saya tidak sengaja terdengar alunan ayat-ayat Al Quran yang dibaca seorang saudara Muslim didalam Mushola. Padahal selama ini belum pernah sebelumnya mendengar ada orang membaca Al Quran setelah shalat Subuh.

Kurang lebih 20 menit saya terhanyut dalam Latihan. Sebenarnya suasana hati tersentuh kekuasaan Tuhan sudah saya rasakan sejak takbir shalat Subuh. Terasa begitu kecilnya saya dihadapan Tuhan YME. Terasa begitu banyak nikmat dan kasih sayang  Tuhan kepada saya selama ini. Tak terasa air mata mulai menetes membasahi wajah dan kain sarung yang saya pakai. Maha suci Tuhan yang telah menganugerahkan Latihan melalui pak Subuh.

Setelah selesai saya kembali pulang melewati sebuah lapangan kecil dipinggir stasiun. Saya melihat langit masih gelap dan bulan masih bersinar dengan cerahnya. Pohon-pohon terlihat berdiri kokoh sambil sesekali bergoyang terkena angin pagi yang sejuk. Sungguh nuansa yang khidmat,seakan alam semesta ikut merayakan hari lahir salah satu manusia pilihan……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: