ARP Attack/Spoofing

Bulan Agustus ini aku bener-bener capek dikerjai problem di jaringan LAN kantorku. Jaringan LAN tiba-tiba drop dengan indikasi rto saat ping ke gateway. Saat cek ke server mikrotik,dari sana terlihat ada penggandaan mac address dari ip-ip yang ada di jaringan. Dengan bantuan rekan di Cyber, kami coba melakukan blocking terhadap mac-mac address tersebut. Namun ternyata hal ini tidak merubah apapun karena ternyata mac tersebut adalah mac bayangan. Karena putus asa,akhirnya kami diamkan beberapa saat, tiba-tiba spoofing tersebut berhenti dan aktifitas jaringan kembali normal.

Hal ini berlangsung beberapa hari sejak 7 Agustus. Akhirnya aku coba browsing di internet mengenai kejadian ini. Dari sini barulah aku mengenal yang namanya ARP spoofing atau ARP attacking atau penggandaan ARP (mac address). Banyak cara untuk mengantisipasi ARP spoofing,namun terlalu banyak step-step-nya dan kurang efektif. Salah satunya adalah dengan membuat statik seluruh ip di jaringan, baik statik via server mikrotik maupun statik di pc client. Repot khan….

Akhirnya setelah mencoba beberapa software, aku lebih pede menggunakan software antiARP v5.0.1 keluaran Colorsoft karena terbukti selain mendeteksi spoofing juga melakukan blocking sehingga jaringan tidak mengalami problem. Berikut ini aku kasih link-nya, semoga membantu rekan-rekan admin network.

http://www.indowebster.com/Anti_ARP_v501.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: